Pers Kampus

Pers mahasiswa atau pers kampus merupakan pers yang berada di lingkungan kampus. Pers tersebut dikelola dan dijalankan oleh mahasiswa itu sendiri. Hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia bahkan sudah mempunyai pers kampusnya masing-masing, mulai dari jenjang fakultas hingga universitas. Tapi ternyata pers kampus mempunyai beberapa jenis. Menurut Wina Armada Sukardi, mantan ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers periode 2010-2013, ada tiga jenis pers kampus yang diungkapkan sewaktu kunjungan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) beberapa bulan silam. Tiga jenis tersebut adalah :

  1. Pers Kampus Struktural. Pers kampus jenis ini berada di bawah struktur atau menjadi bagian dari kampus tersebut. Rata-rata di kampus-kampus di seluruh Indonesia, pers kampusnya merupakan pers kampus jenis ini. Segala kebijakan semua diatur oleh pihak kampus seperti pendanaan, manajemen, bahkan isi berita.
  2. Pers Kampus Jurnal Ilmiah. Pers kampus jenis ini khusus menangani jurnal-jurnal ilmiah baik yang dibuat oleh mahasiswa, maupun oleh dosen. Terkadang banyak mahasiswa maupun dosen yang masih belum paham dengan penulisan jurnal-jurnal ilmiah. Dengan kehadiran pers jenis ini, bisa membantu untuk memperbaiki jurnal-jurnal ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa maupun dosen agar lebih berkualitas.
  3. Pers Kampus Independen. Pers kampus jenis ini berbeda dengan pers kampus jenis pertama. Segala urusan mulai dari pendanaa, manajemen, isi berita, semua di pegang oleh mahasiswa tanpa ada campur tangan pihak kampus. Di Indonesia, sangat jarang menemukan pers kampus jenis ini. Pendanaan terkadang menjadi kendala utama dalam keberlangsungan pers kampus jenis ini. Bahkan banyak yang langsung gulung tikar karena tidak bisa bertahan dengan kondisi seperti itu. Namun itu merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk mahasiswa bagaimana belajar mengelola sebuah media dengan independen.

Itulah tiga jenis pers kampus yang dipaparkan. Meskipun berbeda-beda jenisnya, pers kampus haruslah tetap berpegang teguh pada kode etik jurnalistik yang sudah disepakati bersama. Adanya keberimbangan, netralitas, dan mengedepankan fakta harus dipegang dengan teguh. Meskipun di tiap-tiap pers nanti bisa melihat fakta dari sudut pandang yang berbeda satu sama lainnya, namun prosedur-prosedur jurnalistik tetap harus diikuti agar masyarakat diberikan informasi yang jelas. Semoga bermanfaat, jika ada tambahan bisa menambahkan komentar di bawah ini.

Diterbitkan juga di : http://mediamahasiswa.com/opini/artikel/2013/06/13/jenis-jenis-pers-kampus.html

Published by Muhammad Zulfikar Akbar

Jika ingin dunia mengenalmu, menulislah (berkaryalah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *