THE END!

Yeaaahhh ! akhirnya selesai juga sumatif yang melelahkan jiwa dan raga ini. Setelah 6 hari menjalani ujian yang cukup melelahkan otak, akhirnya bisa sedikit bernafas lega setelah sumatif ini berakhir. Memang sih, yang buat jadwal pinter (yaiyalah guru). Bayangkan, hari pertama susah (Matematika, Kewarganegaraan), hari terakhir juga susah (Fisika (buat IPA) dan Ekonomi (buat IPS)).

Apa kesamaan dari hari pertama dan terakhir? sama-sama hitung-hitungan cuy -,-. Sedikit cerita sih. Dalam sejarah sumatif itu, tidak ada satu kelaspun yang tidak nyontek alias pasti ada aja yang nyontek seperti diruangan saya.

Ketika gurunya yang ngawas enak, langsung kesempatan. Kalau gurunya “Killer”, baru tidak ada yang bisa nyontek. hahaha. Triknya pun bermacam-macam sesuai penglihatan saya. Tapi JANGAN DICONTOH YA!!!

yak inilah dia :

  1. Dengan kertas robekan. Cara ini menurut yang pengalaman sudah jadi tradisi dalam hal contek menyontek. Dengan membuat kertas kecil berukuran sekitar 4×5 cm, digulung atau dilipat kecil, kemudian kasih deh ke teman.
  2. Dengan tissue. Hampir sama seperti kertas robekan. Hanya saja cara ini tergolong lebih ampuh. Kenapa? karena guru tidak akan curiga dengan tissue yang dipegang peserta ujian.
  3. SMS. Zaman udah canggih, cara nyontek juga harus canggih. dengan SMS, bisa bertukar jawaban dengan teman yang berbeda ruangan. cukup ampuh tapi beresiko sangat tinggi. Apalagi yang hape buatan Cina.

Berdasarkan pengamatan saya hanya 3 cara yang bisa saya jabarkan disini. Semua yang saya jabarkan disini JANGAN DICONTOH! Karena saya hanya memberikan pengetahuan. Bagi yang menyontoh trik diatas adalah kesalahan dia sendiri. Karena saya sudah memperingati diawal. Untuk pendidik, mungkin bisa menjadi referensi agar pengamanan saat ujian bisa diperketat.

Okay, postingan ini memang tidak jelas. Judulnya apa, isinya apa. Biarlah. Yang penting saya menulis disini. ๐Ÿ˜€

Published by Muhammad Zulfikar Akbar

Jika ingin dunia mengenalmu, menulislah (berkaryalah)

One comment on “THE END!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *