Tips Belajar Efektif

Bagi pelajar dan mahasiswa, mendengar kata ujian merupakan suatu hal yang dikeramatkan! Apalagi kalau ujian akhir semester, atau ujian akhir nasional. Dunia serasa akan kiamat! Tapi sebenarnya, hal itu tidak perlu di khawatirkan. Sebab, jika anda belajar dengan baik dan efektif mungkin hasilnya akan memuaskan anda.

Berhubungan dengan hal diatas, saya akan membagikan 9 tips belajar efektif yang diambil dari KASKUS.

  1. Pilih waktu belajar yang efektif. Pagi hari merupakan waktu yang efisien untuk belajar. Walaupun tidak semua orang bisa melakukannya, namun hal ini diyakini sangat tepat karena ketika bangun tidur, otak masih fresh sehingga cepat menyerap materi pelajaran.
  2. Bangun suasana belajar yang nyaman. Ada yang belajar dengan menonton televisi, mendengarkan musik, bahkan dengan bermain permainan. Apapun yang membuat anda nyaman untuk belajar, lakukanlah! Yang terpenting tidak mengganggu orang lain.
  3. Kembangkan materi yang sudah di pelajari. Setelah mengulang materi, jangan tutup buku! Coba berpikir ala ilmuwan. Buatlah pertanyaan sendiri dari materi tersebut, dan coba di jawab oleh gurumu. Jika belum puas, cari jawabannya melalui internet atau perpustakaan.
  4. Mencatat pokok-pokok pelajaran. Sudah bukan zamannya lagi menulis catatan panjang-panjang, akhirnya tidak di baca juga. Ambil intisari dan pokok-pokok materi yang di sampaikan oleh gurumu, kemudian pelajari kembali intisari tersebut.
  5. Banyaklah membaca. Membaca itu kunci sukses belajar. Bacalah minimal 2 kali dalam sehari. Materi yang sebelum di sampaikan dan materi yang sesudah di sampaikan. Contohnya kamu mempelajari materi 2, di sekolah baru akan dipelajari materi 2, dan kemudian pelajarilah materi 3. Karena otak sudah memproses sebanyak 3 kali, di jamin akan lengket di otak.
  6. Belajar itu Memahami. Boleh saja kita hafal 100 persen dari materi, namun apakah kita sudah paham? Sebelum menghafal, pelajari dulu garis besar materi tersebut.
  7. Hafalkan kata kunci. Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
  8. Latih sendiri kemampuan kita. Di akhir materi, biasanya terdapat soal-soal latihan. Kerjakanlah tanpa melihat buku dan tanpa di perintah guru. Jika ada yang tidak di mengerti, tanyalah gurumu.
  9. Sediakan waktu untuk istirahat. Belajar boleh jalan terus, tapi jangan lupa istirahat. Istirahat diperlukan untuk menyegarkan kembali pikiran agar dapat menerima pelajaran kembali.

Itulah tips dari saya, semoga berguna. 😀

Published by Muhammad Zulfikar Akbar

Jika ingin dunia mengenalmu, menulislah (berkaryalah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *